Minggu ini, aplikasi Pokemon Go telah memecahkan semua rekor, dengan 10 juta lebih download dalam ahad pertama, melebihi Twitter di pengguna aktif harian, dan dengan waktu rata-rata pengguna lebih tinggi dari Facebook, Snapchat, Instagram & WhatsApp.
Bagaimana John Hanke membuat semacam 'kegilaan' dalam satu malam yang besar? Berikut 10 kenaikan level dalam hidupnya untuk mencapai Pokémon Go:
Level 1: Pada tahun 1996, ketika masih mahasiswa, John membuat MMO pertama (massively multiplayer online game) yang disebut 'Meridian 59'. Dia menjual permainan tersebut ke 3DO untuk beralih ke passion yang lebih besar: pemetaan dunia.
Level 2: Pada tahun 2000, John meluncurkan 'Keyhole' sebuah cara untuk menghubungkan peta dengan foto udara (aerial photography), dan membuat peta aerial dunia dalam format 3D online yang pertama yang terkoneksi dengan GPS.
Level 3: Pada tahun 2004, Google membeli Keyhole dan dengan proteksi John, ternyata Keyhole menjadi apa yang kini dinamakan 'Google Earth'. Saat itulah John tetapkan untuk fokus untuk membuat game berbasis GPS.
Level 4: John menjalankan tim Google Geo dari tahun 2004-2010, membuat Google Maps dan Google Street View. Selama waktu tersebut, ia mengumpulkan tim yang nantinya akan membuat Pokemon Go.
Level 5: Pada tahun 2010, John meluncurkan Niantic Labs sebagai start-up yang dibiayai oleh Google untuk membuat permainan berbasiskan pada maps. John menjelaskan mengapa ia menyebutnya Niantic:
"Niantic yaitu nama dari sebuah kapal penangkap ikan paus yang muncul selama demam emas dan melalui banyak sekali keadaan terdampar di pantai. Hal ini terjadi dengan kapal lain, juga. Selama bertahun-tahun, San Francisco intinya hanya dibangun di atas kapal tersebut. Anda dapat berdiri di atas mereka sekarang, dan Anda tidak akan tahu itu. Makara ide ini yaitu wacana adanya hal-hal wacana dunia yang benar-benar keren tapi meskipun itu di Internet, sulit untuk mengetahui kapan Anda benar-benar ada disana. "
Level 6: Pada tahun 2012, John masih bersama Niantic kemudian membuat MMO berbasis lokasi pertama, "ingress:
John menjelaskan: "Dalam kasus Ingress acara tersebut berlapis-lapis di atas dunia aktual dan di ponsel Anda. inspirasinya yaitu bahwa itu wacana sesuatu yang saya selalu gunakan untuk bengong ketika saya sedang berangkat dan pulang dari rumah ke Google. "
"Saya selalu berpikir Anda dapat membuat permainan mengagumkan memakai semua data Geo yang kita miliki. Saya menyaksikan ponsel menjadi lebih dan lebih berpengaruh dan saya pikir waktunya akan datang bahwa Anda dapat melaksanakan permainan petualangan yang mengagumkan berbasiskan dunia nyata."
Level 7: Pada tahun 2014, Google dan Perusahaan Pokemon bekerja sama untuk bercanda pada April Fools Day, yang memungkinkan netizen untuk menemukan makhluk Pokemon pada Google maps. Hal tersebut menjadi viral, dari situ John berpikir ide tersebut dapat diubah menjadi permainan nyata.
Level 8: John tetapkan untuk membangun Pokemon Go menurut titik-titik pertemuan/meeting point yang dibentuk pengguna yang diciptakan oleh pemain dari Ingress, dan yang paling terkenal menjadi Pokéstops dan gyms di Pokemon Go:
Seperti John katakan, "Pokéstops dibentuk oleh pengguna, jadi terang mereka menurut daerah dimana orang pergi. Kami intinya mempunyai data dua setengah tahun dari orang yang berpergian ke semua daerah di mana mereka pikir mereka harus dapat bermain Ingress, sehingga beberapa daerah yang cukup terpencil. Ada portal di Antartica dan Kutub Utara, dan sebagian besar poin di antaranya. "
Level 9: John mengumpulkan $ 25 juta dari Google, Nintendo, Perusahaan Pokemon dan investor lainnya dari Desember 2015 hingga Februari 2016 untuk membuat tim yang terdiri dari 40 orang lebih untuk memulai Pokemon Go tahun ini.
Level 10: John dan timnya meluncurkan Pokémon Go pada 6 Juli di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo telah meningkat $ 12 miliar, dan aplikasi yang sudah menghasilkan lebih dari $ 2.000.000 setiap hari di pembelian aplikasi, membuatnya menjadi fenomena dalam semalam.
Keberhasilan dalam semalam Pokemon Go membutuhkan waktu 20 tahun bagi John Hanke untuk membuatnya. Sepanjang 20 tahun tersebut, ia mempunyai visi yang besar dari permainan berbasiskan peta dunia, ia tidak tahu bentuk permainannya nanti menyerupai apa. Pada setiap langkah, ia hanya terfokus pada level berikutnya.
Pada setiap tingkat yang baru, ia mempunyai kekuatan baru, anggota tim baru, dan item gres dalam persediaannya.
Apakah Anda, menyerupai John, memperlakukan perjalanan kewirausahaan Anda sendiri menyerupai MMO besar?
Tetaplah simpan dalam pikiran Anda, tetapi fokus pada hari ini untuk naik level berikutnya. Pada setiap tingkat, tumbuhkan kekuatan Anda, tim Anda, dan keberuntungan Anda. Dan ketahuilah diharapkan banyak tingkatan untuk memenangkan permainan.
"Membutuhkan waktu 20 tahun untuk membuat sukses dalam semalam." Eddie Cantor
Sumber http://backpackercantik.blogspot.com
Tidak ada komentar